Tips Memaksimalkan Kinerja Ponsel Android

Tips Memaksimalkan Kinerja Ponsel Android
Daftar Isi Artikel

Apakah ponsel android anda semakin lama semakin mengalami kinerja yang buruk? Salah satu kendala yang sering terjadi adalah kinerja smartphone menjadi lebih lambat. Hal seperti ini tentu akan membuat penggunanya kesal karena memiliki respon yang cukup lama. Untuk itu, andaharus segera mengatasinya secepat mungkin. Beberapa tips memaksimalkan kinerja ponsel android adalah seperti berikut!

Tips Memaksimalkan Kinerja Ponsel Android

1. Membersihkan Ruang Penyimpanan

Salah satu faktor utama terjadinya kinerja ponsel yang lemot adalah kapasitas penyimpanan yang sudah penuh. Hal ini akan mempengaruhi ponsel anda  ketika digunakan. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan pembersihan pada ruang penyimpanan secara rutin.

Biasanya ada banyak sampah yang terdapat pada ponsel anda. Sampah tersebut menjadikan smartphone anda  lemot dan memiliki kinerja yang kurang responsive.

2.  Aplikasi Pembersih Sampah

Banyaknya sampah yang ada pada smartphone tentu akan membuat penggunanya kesal ya kan! Untuk membersihkannya, anda bisa melakukannya pada ruang penyimpanan yang tersedia. Selain dengan cara itu, anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi pembersih sampah.

Ada banyak sekali aplikasi pembersih sampah pada smartphone android yang bisa anda pilih. Cari referensi terlebih dahulu mengenai aplikasi pembersih sampah yang memiliki kinerja baik. Anda bisa mendapatkan aplikasinya melalui playstore secara gratis.

3. Hindari Banyak Aplikasi

Setiap orang pastinya ingin menggunakan banyak aplikasi pada smartphone miliknya.Namun mereka tidak memperhatikan salah satu hal penting dimana semakin banyak aplikasi akan membuat kapasitas penyimpanan semakin penuh. Dengan begitu, kinerja smartphone juga akan terpengaruhi.

Disini anda harus meminimalisir dengan cara menggunakan aplikasi yang penting saja. Apabila ada aplikasi yang tidak begitu penting, anda bisa menghapusnya. Dengan begitu, smartphone anda tidak akan mengalami  kinerja yang lambat.

4. Update Software

Cara mengatasi kinerja ponsel android yang lemot selanjutnya bisa dilakukan dengan mengupdate software. Masing-masing ponsel memiliki fitur tersendiri, ada yang harus dilakukan update dan ada yang tidak. Jika diminta untuk update software, maka anda harus melakukannya secepat mungkin. Dengan begitu, kinerja dari smartphone anda akan normal kembali.

5. Pindah File di Kartu Memori

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan memindahkan file yang ada di ruang penyimpanan internal ke dalam kartu memori. Kapastias memori penyimpanan internal jika sudah penuh akan sangat mempengaruhi kinerja dari smartphone yang anda gunakan.

Hal ini pastinya akan membuat kinerja ponsel semakin lelet dan memiliki respon yang lama.Untuk itu, anda bisa memindahkan file-file yang ada pada ruang penyimpanan internal ke dalam kartu memori. Pastikan juga kartu memori yang anda gunakan memiliki kapasitas yang cukup. Ada banyak pilihan kapasitas kartu memori yang bisa dipilih baik 2 Gb, 4 Gb, 8 Gb dan seterusnya.

6. Flash Ponsel

Apabila beberapa langkah di atas tidak dapat mengubah kondisi smartphone anda. Cara yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan flash pada smartphone anda. Tips yang satu ini menjadi pilihan terakhir untuk anda jika sudah berbagai cara tidak bisa dilakukan untuk mengubah kinerja smartphone anda.

Melakukan flash pada smartphone akan membuat semua data yang ada pada smartphone hilang. Semuanya akan kembali seperti anda membeli hp masih baru. Hanya saja potensi beresiko buruk lebih besar dibandingkan smartphone yang baru saja membelinya. Dengan melakukan flash pada smartphone anda tentu akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih cepat.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>