Strategi Penempatan Keyword Pada Artikel

Strategi Penempatan Keyword Pada  Artikel
Daftar Isi Artikel

Apakah anda suka menulis? Menulis menjadi salah satu kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh seseorang dalam menghasilkan suatu karya melalui sebuah tulisan. Dengan menulis anda akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukan karya tulis anda kepada orang lain. Bukan hanya menulis di dalam buku saja, anda sekarang sudah bisa menulis di sebuah media supaya bisa dilihat oleh orang-orang.

Jika anda memiliki hobi menulis, akan ada kesempatan emas yang bisa anda dapatkan untuk mendapatkan penghasilan melalui hobi anda. Hobi yang dibayar tentu menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan untuk anda lakukan. Selain itu, tulisan yang anda buat juga dapat dilihat oleh banyak orang melalui media.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah menjadi seorang blogger. Blogger merupakan salah satu profesi yang dilakukan seseorang dalam menuliskan suatu teks supaya bisa dilihat oleh orang lain melalui internet. Nantinya tulisan yang anda buat akan ditampilkan melalui blog milik anda di internet. Akan tetapi, menjadi seorang blogger juga tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus anda kuasai supaya berhasil menjadi seorang blogger. 

Beberapa hal yang harus anda kuasai diantaranya teknik SEO dan teknik menulis.  Semua itu, harus benar-benar anda kuasai jika benar-benar ingin sukses di dunia blogger. Namun yang menjadi langkah penting harus anda kuasai adalah teknik menulis. Anda  harus membuat konten berupa artikel yang nantinya akan ditampilkan di dalam blog  anda. Dalam menulis artikel juga terdapat poin-poin penting yang harus anda kuasai, salah satunya adalah menguasai keyword.

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk memberikan keyword pada artikel. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa anda lakukan dalam menempatkan keyword pada artikel.

Strategi Penempatan Keyword Pada Artikel

1. Judul Artikel

Penempatan keyword yang paling utama harus anda terapkan yaitu pada judul artikel. Judul merupakan salah satu hal yang paling penting harus anda tentukan dalam membuat artikel. Tanpa adanya judul, tentunya anda tidak akan melanjutkan isi konten artikel yang akan dibuat. Hal ini harus benar-benar anda perhatikan supaya konten anda akan mendapatkan banyak pengunjung. 

1.1. Contoh

  1. Heading
  2. Subheading
  3. Minor heading
Dalam menemukan keyword pada judul artikel bisa dilakukan dengan cara menganalisanya terlebih dahulu. Cari kata kunci yang penting untuk mengacu pada judul artikel anda. Seperti halnya anda akan membuat konten tentang kucing, maka anda bisa membuat judul tips memelihara kucing, ciri-ciri kucing, dan lain sebagainya. Pastikan judul yang dibuat mengandung keyword di dalamnya supaya orang-orang dapat menemukan artikel yang telah anda buat di penelusuran.

2. Struktur URL

Strategi yang bisa anda lakukan selanjutnya yaitu pada struktur url yang ada pada blog milik anda. Url merupakan salah satu rangkaian penting dalam konten artikel anda ketika muncul di Google. Tanpa adanya url, maka orang-orang tidak akan bisa mengunjungi situs milik anda. Url menjadi salah satu hal yang sangat penting, disini anda juga harus menempatkan keyword di dalamnya.

Selain itu, konten yang anda buat nantinya. juga akan diindeks melalui mesin penelusuran. Apabila tidak bisa digunakan, maka konten anda tidak akan bisa  tampil di dalam penelusuran Google. Selain itu, jika tampil pun bisa saja tidak berada di posisi atas apabila tidak menggunakan keyword pada url tersebut.  Maka dari itu, anda harus menggunakan keyword pada url terlebih dahulu.

3. Meta Description

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan dalam penempatan keyword adalah meta description. Meta description ini sama halnya dengan serangkaian teks yang di dalamnya menjelaskan atau mereview artikel yang anda copy urlnya. Serangkaian tersebutlah yang dinamakan meta description.

Salah satu tujuan dari meta description yaitu guna dibaca oleh mesin pencari dengan mudah. Sehingga, kesempatan untuk berada di halaman pertama google akan lebih besar. Akan tetapi, masih ada banyak orang yang sering mengabaikan meta description dalam memberikan penempatan pada keyword artikel. Hal ini akan berefek pada blog anda yang kurang efektif pastinya.

4. Judul Pada Gambar

Dalam membuat sebuah artikel biasanya ada gambar di dalamnya. Tentu gambar tersebut harus benar-benar dibuat semenarik mungkin untuk menarik banyak pengunjung. Dalam menempatkan gambar juga tidak sembarang melakuannya. Selain menempatkannya saja, anda juga harus memberikan judul pada gambar tersebut terlebih dahulu. Judul yang harus dibuat juga wajib memiliki kata kunci di dalamnya.

4.1. Contoh Gambar 

memberikan judul pada gambar
Properties

Memberikan keyword pada gambar juga akan mempengaruhi blog anda. Trafic pengunjung akan semakin tinggi jika anda menempatkan keyword pada judul gambar. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai gambar yang akan ditampilkan dan pastinya sesuai dengan isi konten yang anda buat. Dengan begitu, konten artikel anda akan berkesempatan berada di halaman pertama Google.

5. Inbound Link

Strategi selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan inbound link. Perlu diketahui, inbound link merupakan suatu link yang mengarah pada website milik anda. Seperti halnya anda mengunjungi sebuah blog, di dalam artikelnya ada salah satu kata yang bisa di klik. Apabila berpindah halaman, maka itulah yang dinamakan inound link. Sementara ketika ada yang mengeklik kata dan berpindah halaman ke website orang lain itu dinamakan outbond link.

Dalam menempatkan inbound link pada konten artikel yang dibuat, sebaiknya anda harus meriset kata kuncinya terlebih dahulu. Pastikan anda akan menempatkan inbound link pada kata kunci yang tepat. Dengan begitu, kesempatan supaya konten artikel yang anda buat berada di halaman pertama akan semakin besar. Anda harus menerapkan strategi yang satu ini jika benar-benar ingin mendapatkan traffic yang tinggi.

6. Konten Artikel

Penempatan keyword yang harus anda lakukan selanjutnya adalah pada konten artikel yang anda buat. Pastikan anda sudah menyiapkan keyword yang akan ditempatkan pada artikel terlebih dahulu. Hal ini supaya konten anda benar-benar dapat bertengger di halaman pertama Google jika menggunakan cara yang satu ini.

Untuk penempatan kata kunci yang bisa anda lakukan yaitu pada awal paragraf terlebih dahulu. Cari kata kunci yang tepat sesuai dengan isi konten yang akan dibuat oleh anda. Selain itu, anda juga bisa menempatkan keyword pada bagian pertengahan artikel dan juga akhir. Hal ini menyesuaikan jumlah keyword yang sudah ditentukan oleh anda sendiri. 

Seperti halnya ketika anda telah menyiapkan enam kata kunci, anda bisa menempatkan dua keyword pada bagian awal, tengah dan juga akhir. Dengan begitu, konten yang anda buat akan berkesempatan meraih posisi pertama di google pencarian. Penempatan keyword pada artikel menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan.

Penutup

Itulah beberapa strategi dalam penempatan keyword ketika membuat artikel yang dapat kami sampaikan. Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, kesempatan konten anda berada di halaman pertama akan semakin besar pastinya.

  1. admin

    admin

    25 April 2020 21.43

    Stategi penulisan keyword kontennya keren bro, saya juga menerapkan itu. Trimakasih telah berbagi tips. Sukses selalu bro

  2. MafiaTekno

    MafiaTekno

    29 April 2020 18.27

    Penempatan keyword yang pas dan cocok pada artikel dapat membuat artikel cepat terindeks di google, terima kasih buat infonya yg menarik dan patut diimplementasikan di blog saya juga

  3. Alexander Blue

    Alexander Blue

    2 Mei 2020 11.32

    Terima kasih infonya gan, berguna banget untuk yang masih baru belajar SEO seperti saya. Mau nanya, kalau untuk keyword di image, itu apakah lebih baik ditaruh di semua image atau cukup salah satu saja? Terima kasih jawabannya.

    • Rifain

      Rifain

      11 Mei 2020 10.26

      Lebih baiknya di tambahkan keyword di image untuk memperkuat judul postingan

  4. acuk

    acuk

    26 Mei 2020 00.03

    Mantab Gan, selama jni blm nyiba masukkan keyword di gambar. Segera di coba...mksh

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>